2017-08-09 09:30:05

Tim Indonesia meraih Penghargaan Tim berkinerja Terbaik di Kejuaraan Dunia GreenMech 2017

Pertama kali ikut kejuaraan dunia GreenMech, Indonesia langsung meraih penghargaan sebagai tim berkinerja terbaik untuk tingkat Sekolah Dasar. Indonesia mengirimkan 3 tim GreenMech tingkat Sekolah Dasar dan 1 tim R4M tingkat Sekolah Menengah Pertama. Kompetisi ini berlangsung di kota Jiaxing, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 4 Agustus 2017, diikuti oleh 200 tim dari 10 negara Asia, seperti China, Taiwan, Hongkong, Thailand, Jepang, Korea, Vietnam, Malaysia dan Indonesia. Untuk tingkat SD sendiri diikuti oleh 85 tim. Setiap tim terdiri dari 4 siswa. 

Kompetisi GreenMech adalah sebuah  kompetisi membuat struktur mekanikal yang menyenangkan. Rancangan struktur mekanikal ini berasal dari Rube Goldberg yang dikenal dengan “Goldberg Machine” yang menghubungkan berbagai fungsi dari beberapa komponen yang berbeda melalui operasi yang kompleks untuk menyelesaikan tindakan yang sederhana.

Kompetisi ini menggunakan prinsip saintifik yang mengkombinasikan 5 aspek pembelajaran dan perkembangan yang dikenal dengan istilah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dan dibagi dalam 3 kategori, yaitu kelompok sekolah dasar, kelompok sekolah menengah pertama, dan kelompok sekolah menengah atas.

Tujuan dari kompetisi adalah mendorong semangat menyelesaikan masalah melalui brainstorming dan kerja sama, menginspirasi peserta untuk menghargai aplikasi saintifik dan kreativitas dan menyadari mimpi untuk mengembangkan pendidikan sains yang kreatif dengan menggabungkan pemikiran yang kreatif ke dalam struktur bangunan sehingga peserta dapat menikmati kecerdasan dan kreativitas dan dapat mendemonstrasikan hasil dari pendidikan sains yang kreatif.

Selain kompetisi GreenMech, Indonesia juga mengikuti kompetisi Robot for Mission (R4M) untuk tingkat SMP. R4M adalah kompetisi robot yang kreatif dan menyenangkan. Dengan menggunakan prinsip saintifik, peserta membuat program dan menggunakan remote control untuk menggerakkan robot sehingga peserta dapat menginspirasikan kemampuan aplikasi programming dan kreativitas serta melatih teknik manipulasi dan kemampuan menggerakkan robot. Kompetisi ini juga menanamkan semangat kerja sama tim dimana setiap tim terdiri dari 3 orang dengan misi memindahkan kubus dan bola ke tempat yang sudah ditentukan dan setiap orang memiliki peranan masing-masing yang saling membantu menyelesaikan misi tersebut. Setiap tim dibebaskan membuat berbagai macam model robot sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh panitia dan dapat menggunakan berbagai macam perangkat untuk mengoperasikan robot tersebut, seperti smart phone, pads, laptop, atau video game grips. Kompetisi R4M yang inovatif ini merefleksikan kolaborasi “human-machine”  dan membuat kompetisi ini berbeda dengan kompetisi robot lainnya.

Tim Indonesia terdiri dari 15 anak dan 4 guru serta 5 orang tua dipimpin oleh Mulia Anton selaku direktur dari Rumah Edukasi yang menyelenggarakan pelatihan untuk Guru dan kompetisi untuk anak-anak sebelum berangkat ke kompetisi Internasional. Juara 1 – 3 kompetisi nasional dapat mengikuti kompetisi internasional. Untuk kegiatan pelatihan dan kompetisi dapat dilihat di www.rumahedukasi.com atau menghubungi Rumah Edukasi di nomor 08588-1238878. 

Hasil karya tim GreenMech Indonesia yang mendapatkan penghargaan sebagai tim terbaik luar negeri dapat dilihat di Habibie Festival PRJ Kemayoran Hall B (Maker Corner) dari tanggal 11 – 13 Agustus 2017 jam 10.00 – 17.00.